oxford

Mengenali Kamus Oxford Yang Wajib Digunakan Dalam Belajar Inggris

Posted on

Mengenali Kamus Oxford Yang Wajib Digunakan Dalam Belajar Inggris

oxford


Apa itu Kamus Oxford?

Sebagian rata rata  mengenal berbagai macam kamus, menurut sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) kamus itu berapa jenis?

Yaa.. Kamus Inggris-Indonesia, Kamus Bahasa Jerman, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Bahasa Jawa dan masih banyak lagi macam-macam kamus di dunia ini. Dan ini mungkin jawaban yang keluar dari sahabat IBI (ilmubahasainggris.com). Mengenai kamus disampaikan diatas adalah bukan bahasan kita. Tak perlu khawatir ada beberapa kaitannya.

Didalam bahasan kita kali ini admin akan mengenalkan kamus yang sudah tidak asing lagi digunakan dalam belajar bahasa inggris. Yaitu kamus oxford.

Apa itu kamus Oxford? Mungkin bagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com), ada yang masih belum mengetahuinya atau kurang mengenalinya. Bahkan anda mungkin, tak tahu jenis kamus ini

Bila ada dari sebagian sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sedang kuliah mengambil jurusan bahasa inggris tentu tahu kamus ini, kamus ini bagian dari rujukan kuliah. Kamus oxford diperuntukan bagi mereka lancar bahasa inggrisnya. Dan untuk mengembangkan bahasa inggris ketingkat selanjutnya. Si pengarang kamus oxford as hornby. Diterbitkan oleh oxford university press inggris.


Nama oxford itu sendiri, diambil dari nama sebuah kota di barat laut selatan Inggris London. Kamus oxford ini, bila kita membandingkan layaknya kamus besar bahasa Indonesia ada sisi kesamaannya, kedua kamus ini. Apa sisi kesamaannya? kita lihat masing masing definisi kedua kamus ini.

Penjelasan mengenai kamus Oxford dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia : Kamus oxford dalam menjelaskan kata, dari kata yang akan diterjemahkan. Kosakata tersebut, berbentuk bahasa inggris. Dalam menjelaskan kata  berbentuk bahasa inggris. Ini, penjelasannya. Dijelaskan  menggunakan bahasa inggris. Bisa dikatakan, kata berbahasa inggris diterjemahkan. Bentuk terjemahanya,dalam kata kata berbahasa inggris.

Contoh :

People : the members of society without special rank or position.

(“People”= bentuk kata yang diterjemahkan.

Kata (“people”) yang  diterjemahan ini.

Ini adalah bentuk kosakata bahasa inggris.

“The members of society without special rank or position”= terjemahan dari “people”,bentuk terjemahkan ini dalam kata kata bahasa inggris).

Ini satu contoh, untuk lebih lengkap anda kunjungi situs(www.oxforddictionaries.com) atau  anda juga bisa mendapatkan kamus oxford tersebut, ditoko buku terdekat ditempat anda (seperti toko buku gramedia, jika di Indonesia)


Kamus besar bahasa indonesia kata yang diterjemahkan, bentuk kata tersebut dalam bahasa indonesia. Kata berbentuk bahasa indonesia tersebut diterjemahkan. Hasil dari terjemahan kata tersebut. Bentuk terjemahanya. Dalam kata kata berbahasa indonesia.

Contoh:

Orang: manusia yang berasal dari atau tinggal disuatu daerah(desa,kota,negara)

(“orang”= kata yang diterjemahkan,kata(“orang”)ini bentuk kosakata bahasa indonesia.

“manusia yang berasal dari atau yang tinggal disuatudaerah(desa,kota,negara)”= terjemahan dari kata(“orang”).

Bentuk terjemahan ini, dalam kata kata bahasa indonesia).

Contoh lain bisa dibuka disitus (kkb.web.id) atau untuk mendapatkan kamus besar bahasa indonesia anda bisa cari ditoko buku terdekat ditempat anda (seperti toko buku gramedia, bila di indonesia)

Bila kamus besar bahasa indonesia,tidak disertai tata cara membaca kata (phonetic) didalam kamus tersebut. Mungkin anda bertanya. Kenapa tak ada!

Ini maksud pernyataan diatas. Didalam kamus besar bahasa indonesia. Kosakata akan diterjemahkan oleh anda. Bentuk kata seperti ditulis di kamus ini (kamus besar bahasa indonesia). Dengan apa yang anda baca, adalah sama. Bisa dikatakan, kata diterjemahkan oleh anda. Kata tersebut lah yang dibaca. Tidak ada perbedaan, antara bentuk tulisan dengan cara bacanya.


Semua kosakata yang ada dikamus oxford,menggunakan kosakata berbahasa inggris

Kesamaan  kamus Oxford dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah Kedua kamus tersebut(kamus oxford dengan kamus besar bahasa indonesia) digunakan untuk menjelaskan sebuah kata,bukan untuk mengalihbahsakan.

Maksudnya, Disini untuk menjelaskanya kosa kata dari kata yang diterjemahkan. Dijelaskan secara terperinci dan mendetail dalam mendefinisikan. Sehingga kata kata penjelasan tesebut mewakili kata yang dijelaskan.

Contoh :

Buku :  lembaran kertas yang berjilid berisi tulisan ataupun kosong(menjelaskan).

Contoh ini (diatas) dalam Kamus Besar  Bahasa Indonesia.

Table : peice of furniture with a flat top and one or more leg providing a level surface, for eating, writing or working (menjelaskan).

Contoh ini (diatas) dalam Kamus Oxford.

Water : air (mengalihbahasakan)

Contoh ini (diatas) dalam Kamus Inggris-Indonesia.


Demikian cerita artikel kali ini mengenai mengenali kamus oxford yangwajib dan  sering digunakan dalam belajar inggris.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu seluruh sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar bahasa inggris. Dan apabila ada kesalahan, kritik dan saran sangat diperlukan.

Thank you for your attention…

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :