Comparative Degree
Comparative Degree

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus Serta Contoh Kalimat Comparative & Superlative Degree

Posted on

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus Serta Contoh Kalimat Comparative Degree Dalam Bahasa Inggris & Artinya

Hallo sahabat IBI (IlmuBahasaInggris.com), apa kabar semua? I do Hope You’re in healthy Condition, amiin.

Bertemu lagi dengan admin, untuk berbagi ilmu, membahas tuntas materi bahasa Inggris yang selalu kalian tunggu. Kali ini admin akan membahas materi bahasa Inggris  tentang Comparative Degrees. Mulai dari Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Rumus  Serta Contoh Kalimatnya. Wah tentu kalian akan senang sekali bukan. Selamat menyimak ya..


 Comparative Degree

Definition of Comparative Degrees (Pengertian Comparative Degrees)

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita sering menggunakan bentuk Comparative degree dalam komunikasi  kita sehari-hari. Misal, kita mengatakan seperti ini: “ Angga lebih tinggi daripada Anggi” atau “ Bola basket sama besarnya dengan bola Kaki”,Shoofi berlari Lebih Cepat dari pada shofiya” dan seterusnya.

Dari contoh kalimat diatas, Tentu kita semua bisa mengambil kesimpulan bahwa :

  • Comparative Degree adalah sebuah Kata Sifat (Adjective) atau Kata Keterangan (Adverb) yang digunakan untuk menyatakan sebuah perbandingan, baik itu orang, Tempat, Benda atau tindakan.
  • Degrees of comparison refers to adjectives being written in different forms to compare one, two or more nouns which are words describing persons, places and things. (Degrees of comparison atau comparative degree adalah adjectives yang ditulis dalam bentuk berbeda untuk membandingkan satu, dua atau lebih kata benda, yang menjelaskan orang, tempat atau benda).   
  • Dalam English Grammar atau Tata Bahasa Bahasa Inggris, Comparative  adalah bentuk dari sebuah Adjective (Kata Sifat) atau Adverb (Kata keterangan) yang menyertakan sebuah perbandingan dari bentuk More atau Less, Greater atau Lesser.

Maksud nya adalah, ketika kita membandingkan seseorang, tempat, Benda atau sebuah perbuatan, kita akan menggunakan kata  More (lebih banyak) atau Less ( lebih sedikit), Greater (lebih besar) atau Lesser (lebih kurang/lebih kecil). contoh: “The computer is bigger than Mobile phone”. (komputer itu lebih besar dari hanphone). 


The Functions of Comparative Degree (Fungsi Comparative Degree)

Berikut adalah beberapa fungsi dari adverb Comparative Degree:

  1. Adverb phrase head (sebagai Inti dari frase adverb)
  2. Adjective phrase modifier (sebagai Modifier Frase Adjective)
  3. Adverb phrase modifier (sebagai Modifier Frase Adverb)
  4. Verb phrase modifier (Sebagai Modifier Frase Verb)
  5. Adjunct adverbial (sebagai kata keterangan adverb)
  6. Disjunctive adverbial (sebagai pemisah adverb)
  7. Conjunct adverbial (sebagai kata Penghubung adverb)

Kinds of Comparative Degrees ( Jenis- Jenis Comparative Degree)

Degree of Comparation atau tingkat perbandingan terbagi kedalam tiga jenis atau tingkatan yang masing-masing mempunyai turunan seperti berikut ini:

Positive Degree

  • Equality Degree (Tingkat Perbandingan yang sama)

Equality Degree adalah tingkat perbandingan yang dibentuk dengan adjective atau adverb dalam bentuk positif yang menunjukkan 2 orang atau benda mempunyai kualitas yang sama.

example. Indra is as tall as indri (Indra sama tingginya dengan indri)

  • Inequality Degree (Perbandingan yang tidak sama)

Inequality Degree Adalah tingkat perbandingan yang dibentuk dengan adjective atau adverb dalam bentuk positif yang menunjukkan 2 orang atau benda mempunyai kualitas yang tidak sama.

Example. Agus is not as so fast as gito. (Agus tidak secepat gito)


Comparative Degree

  • Progressive degree (Perbandingan bertingkat)

Progressive degree adalah tingkat perbandingan yang membandingkan 2 adjective atau adverb dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa salah satu dari adjective atau adverb  mengalami kemajuan dan sebaliknya adjective atau adverb yang lainya mengalami penurunan (kualitas, kuantitas dll). untuk mengetahui atau membentuk pola perbandingan ini kita harus meletakkan definite article ” The” sebelum  adjective atau adverb.

Example : The Longer article, the more difficult to be understood.  (artikel yang lebih panjang, lebih sulit untuk dipahami)

  • Parallel Degree (Perbandingan yang setara/sama)

Parallel Degree adalah tingkat perbandingan yang menjelaskan tentang kualitas atau kuantitas adjective atau adverb yang terus meningkat atau menurun pada waktu yang bersamaan.

untuk membentuk pola kalimat Parallel Degree ini sangat sederhana, yaitu hanya dengan mengulang adjective atau adverb dengan menggunakan kata penghubung ” And”.

Example : the day are getting hotter and hotter. (Hari menjadi semakin lebih panas dan lebih panas)


Positive Degree (Perbandingan Setara)

Rumus:

as + positive + as
no less + positive + than

not more + positive + than

Tingkat perbandingan yang pertama ini merupakan modifikasi dari sebuah adverb yang menunjukkan perbandingan positif atau setara.

Positif Degree juga biasanya identik dengan susunan adverb yang ada dalam kamus. Perhatikan Contoh berikut ini:

  • He accidentally performed well on the physical fitness exam. (secara tidak sengaja dia tampil dengan baik pada ujian kesehatan fisiknya)
  • Rima is as smart as Dafi ( Rima sama pintarnya dengan dafi)
  • Jakarta is as crowded as Bandar Lampung. (Jakarta sama sesaknya dengan Bandar Lampung)

Oh ya Perlu kalian ingat bahwa semua adverb mempunyai bentuk comparasi positif.


Comparative Degrees (Perbandingan Bertingkat)

Rumus:

Comparative + than

Pada Tingkat perbandingan yang kedua ini, kita akan membandingkan dua orang, benda, tempat atau tindakan yang berbeda. Nah untuk menyatakan perbandingan sesuatu yang lebih (lebih banyak, tinggi, besar dll.) kita menggunakan adverb MORE.

Walaupun memang, ada  beberapa adverb yang tidak menggunakan more, tapi hanya akhiran -er, sebagai contoh kata hard, fast, Low dll.  Dan ada Beberapa adverb yang mempunyai bentuk irregular comparative, seperti well dan better atau badly dan worse. Perhatikan baik-baik contoh dibawah ini :

  • Adam arrives at home earlierthan Ahdan (Adam tiba di rumah lebih awal  dari pada ahdan)
  • Sinta drives more carefullythan Jojo. (Sinta menyetir lebih hati-hati daripada Jojo)
  • Gibran treats his baby brother more nicely.(Gibran merawat bayi saudaranya dengan lebih baik/ramah)

Perlu diingat bahwa : Adverb yang berfungsi sebagai adverbials seperti howeverbut, dan although tidak ada bentuk comparativenya. Jangan lupa ya..


Superlative Degree (Perbandingan Tingkat Paling)

Rumus:

S1 + Tobe + adverb + est + S2 

Dalam bentuk perbandingan yang ke tiga ini kita akan membandingkan tiga orang, benda, tempat dan perbuatan atau lebih. Pada superlative ini untuk menyatakan sesuatu yang paling memiliki keunggulan/ kelebihan dibentuk dengan menambahkan adverb most pada frase adverb.

Tapi untuk adverb  berikut ini yaitu hardfast, dan early kita harus menambahkan akhiran –Est pada adverbnya. Harus diingat juga bahwa ada beberapa adverb yang mempunyai bentuk irregular comparative seperti pada well dan best atau badly dan  worst. Contoh :

  • He goes to school earliestof all the Students. (Dia berangkat sekolah paling awal dari semua siswa).
  • Soap kills germs most efficientlyin warm water. (sabun adalah pembunuh kuman paling efesien di air hangat)
  • Of all the students in the class, Arwan studies hardest. (Dari semua siswa yang ada didalam kelas, arwan yang paling giat belajar).

 

Berikut adalah beberapa adjectives yang tidak bisa digunakan dalam bentuk comparative maupun superlative. catat ya..

 Absolute, adequate, chief, complete, devoid, entire, fatal, final, ideal, impossible, inevitable, irrevocable, main, manifest, minor, paramount, perpetual, preferable, principal, stationary, sufficient, unanimous, unavoidable, unbroken, unique, universal, whole


Demikian Pembahasan materi Bahasa Inggris kali ini, semoga dapat kalian pahami dan praktikkan, silahkan sampaikan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan blog ini, selamat belajar ya.

-Belajar dimasa muda akan lebih mudah mengerti, daripada belajar dimasa tua-

<    Struggle..!!   >


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :