toefl

Pengertian, Tujuan Dan Informasi Lainnya Mengenai TOEFL ITP

Posted on

Pengertian, Tujuan Dan Informasi Lainnya Mengenai TOEFL ITP

toefl

 


A. Pengertian TOEFL ITP

Apakah yang dimaksud dengan TOEFL ITP itu?

Dan untuk  apa atau apa fungsi TOEFL ITP tersebut? Sebagian dari kita pasti sering mendengar tentang TOEFL ITP ini namun banyak juga dari kita sebagai masyarakat tidak mengetahui apakah yang dimaksud dengan TOEFL ITP serta apa tujuan penggunaan tes TOEFL ITP tersebut.

Well, pasti sudah banyak yang mengetahui singkatan dari TOEFL, termasuk sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) juga sudah mengetahuinya. TOEFL yaitu Test Of English Foreign Language, dan sedangkan ITP yaitu Institutional Testing Program. Secara bahasa pengertian dari TOEFL ITP adalah suatu ujian bahasa inggris yang bertujuan untuk menguji kemampuan bahasa inggris seseorang yang

digunakan oleh sebuah institusi. Sangat jelas bukan?


B. Tujuan TOEFL ITP

Tujuan penggunaan TOEFL ITP yaitu digunakan untuk pelatihan – pelatihan. Seperti contoh biasanya digunakan untuk seorang siswa. Ujian dalam pelatihan ini berbentuk multiple choice atau pilihan ganda. Pelatihan ini sendiri bertujuan agar siswa dapat lebih mengerti dan mahir akan kemampuan bahasa inggris yang mereka miliki.

Selain itu TOEFL ITP juga digunakan untuk penempatan. Jelas sekali bahwa TOEFL ITP ini dapat digunakan untuk sebuah penempatan. Sebuah penempatan yang artinya ujian TOEFL ITP ini berperan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam rangka menempati sebuah tingkatan atau level. Tingkatan mana dan tingkatan berapa yang sesuai dengan seseorang atau siswa yang melakukan ujian, dapat ditentukan setelah melakukan tes TOEFL ITP.

Contohnya saja dalam sebuah lembaga kursus atau bimbingan belajar, pada saat masuk untuk pertama kalinya pastinya terdapat pembagian level penempatan ataupun tingkatan. So, untuk menentukan hal tersebut dapat dilakukan tes bahasa inggris terlebih dahulu yaitu tes TOEFL ITP.

Tes TOEFL ITP ini juga digunakan untuk penyaringan, misalnya jika ada seseorang yang sangat tertarik dengan pertukaran pemuda antar Negara seperti Indonesia-Kanada, Indonesia-China, Indonesia-Jepang dan lain sebagainya, seseorang tersebut pasti terlebih dahulu harus diuji kemampuan bahasa inggris yang dimilikinya melalui penyaringan yakni dengan mengikuti ujian atau tes TOEFL ITP.

Contoh yang lainnya adalah digunakan untuk sebuah penyaringan dalam rangka mendapatkan beasiswa. Selain itu juga digunakan untuk penyaringan dalam melamar suatu pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa inggris sangatlah penting bagi masyarakat, karena untuk melamar pekerjaan saja diperlukan pula kemampuan bahasa inggris. Oleh karena itu, TOEFL ITP digunakan untuk menyaring dan mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang. Hal tersebut dilakukan agar sebuah institusi yang melakukan penyaringan pertukaran pemuda, beasiswa, melamar kerja dan lain-lain untuk benar-benar mendapatkan seseorang yang benar-benar mempunyai kemampuan dan berkualitas pastinya.


Demikianlah pembahasan materi kali ini mengenai “ Pengertian, Tujuan Dan Informasi Lainnya Tentang TOEFL ITP “.

Semoga dapat membantu dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Thank you for attention friends

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...