Colon-and-semicolon

Penggunaan Dan Contoh Kalimat Berisikan Tanda Baca Titik Dua (The Colon) Dan Titik Koma (Semi Colon) Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penggunaan Dan Contoh-Contoh Kalimat Berisikan Tanda Baca Titik Dua (The Colon) Dan Titik Koma (Semi Colon) Dalam Bahasa Inggris

Colon-and-semicolon

Banyak penutur bahasa inggris tidak yakin mengenai pemakaian yang benar dari tanda baca titik dua (the colon) dan titik koma (semi colon) dalam bahasa inggris ini.

Arti yang sebenarnya  dari tanda baca titik dua (the colon) adalah tanda baca yang terdiri dari dua titik satu atas dan bawah atau (:), sedangkan tanda baca titik koma (semi colon) atau (;) terdiri dari sebuah titik di atas dan koma dibawahnya.

Dalam sebagian besar faktanya tanda baca titik dua (the colon) digunakan untuk memperkenalkan atau menunjukkan daftar-daftar benda, sementara tanda baca titik koma (semi colon) digunakan untuk memisahkan kalimat yang mana kata hubung nya telah dihilangkan.

Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat yang menunjukkan penggunaan yang benar dari tanda baca titik dua (the colon) dan titik koma (semi colon) dalam bahasa inggris. Mari kita simak bersama-sama agar dapat dengan mudah memahaminya kapan dan bagaimana menggunakan tanda baca titik dua (the colon) dan titik koma (semi colon) dalam bahasa inggris.


Contoh-contoh tanda baca titik dua (the colon) dan titik koma (semi colon) dalam kalimat bahasa inggris

  1. I have packed my cricket kit with the equipment i need: bats, gloves and pads. (saya telah mengemas kit kriket saya dengan peralatan yang saya butuhkan: bat, sarung tangan dan bantalan.)
  2. A man needs three things to survive: air, water and food. (seorang pria membutuhkan tiga hal untuk bertahan hidup: udara, air dan makanan.)
  3. Sumit likes to play cricket; amit likes to play (sumit suka main cricket; amit suka memainkan sepakbola.)
  4. I drank lemonade; mala drank tea. (saya minum limun; mala minum teh.)

 

Berikut ini adalah contoh lain dari penggunaan tanda baca titik dua (the colon) dan titik koma (semi colon) dalam kalimat bahasa inggris

“ i talked to four men: amit, who is from delhi; manoj, who is from lucknow; vinod, who is from mumbai; and mohan, who is from patna.”

“ saya berbicara dengan empat orang: amit, yang berasal dari delhi; manoj, yang berasal dari lucknow; vinod, yang berasal dari mumbai; dan mohan, yang berasal dari patna.”


Demikian materi pada kesempatan kali ini mengenai penggunaan dan contoh-contoh tanda baca titik dua (the colon) dan titik koma (semi colon) dalam kalimat bahasa inggris.

Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat ibi (ilmubahasainggris.com) sekalian. See you soon…

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :