Food idiom

15 Nama Idiom Tentang Makanan (Food Idiom) Beserta Arti Dan Contoh Kalimatnya Lengkap

Posted on

15 Nama Idiom Tentang Makanan (Food Idiom) Beserta Arti Dan Contoh Kalimatnya Lengkap

Food idiom

 


15 contoh ungkapan idiom tentang makanan (food idiom) beserta penjelasan dan contoh kalimatnya

  1. Apple of his/her eye – Baik/indah : Ungkapan ini digunakan untuk merujuk kepada sesuatu atau seseorang yang sangat kita sukai.

Contoh kalimat : He was the apple of his teacher’s eye – Dia adalah yang terbaik dimata gurunya.

  1. As cool as a cucumber – Keren/bersikap dingin/cuek : Digunakan untuk menyebut seseorang yang sangat dingin atau cuek.

Contoh kalimat : Dhoni is a great captain because he always remains as cool as a cucumber  Dhoni adalah Kapten besar karena ia selalu tetap bersikap dingin.

  1. Egg on – Mendorong/menyemangati : Ungkapan yang digunkan ketika memberi semangat seseorang.

Contoh kalimat : Every time I faltered, he egged me on – Setiap kali saya goyah, dia selalu menyemangati saya.

  1. In a nutshell – Singkat : Mengungkapkan dengan singkat atau sedikit kata .

Contoh kalimat : We were told in a nutshell that our project would not be considered – Kami diberitahu secara singkat bahwa proyek kami tidak akan dianggap.

  1. To spill the beans – Membuka rahasia : Mengungkapkan rahasia kepada seseorang yang seharusnya tidak perlu tahu.

Contoh kalimat : The project was top secret but he spilled the beans –  Proyek ini adalah rahasia tapi dia menceritakannya.

  1. Piece of cake – Mengerjakan sesuatu dengan mudah : Ungkapan ini digunakan ketika melakukan tugas atau pekerjan dengan mudah untuk dilakukan atau tidak berusaha dengan keras melakukannya.

Contoh kalimat : Stealing the key was a piece of cake for him – Mencuri kunci itu pekerjaan yang sangat mudah untuknya.

  1. Take with a pinch of salt – Sebagian kecil : Digunakan ketika seseorang percaya hanya sebagian kecil atau sedikit dari apa yang kita diberitahu.

Contoh kalimat : He spoke highly about his company and its success but I took it with a pinch of salt, because he was a bit of a liar – Dia berbicara banyak tentang perusahaan dan keberhasilannya tapi saya hanya mempercayainya sedikit, karena dia adalah pembohong.

  1. Not my cup of tea – Hanya sebagian atau sedikit : Ungkapan ini digunakan untuk menunjukkan ketika tidak suka dengan sesuatu atau tidak bisa dilakukan.

Contoh kalimat :  I didn’t enjoy the movie. I guess it just wasn’t my cup of tea – Saya tidak menikmati film itu. Saya kira hal itu sangat sedikit.

  1. To sell like hotcakes – Mudah terjual : Ungkapan ini digunakan untuk merujuk kepada suatu objek atau komoditas yang sangat sukses dan menjual dengan sangat baik.

Contoh kalimat : The new book by J.K Rowling sold like hotcakes – Buku baru oleh J.K Rowling terjual dengan sangat cepat.

  1. To go nuts – Bersemangat : Digunakan ketika seseorang sangat bersemangat dengan sesuatu.

Contoh kalimat : She’s going nuts because she got a scholarship – Dia sangat bersemangat karena dia mendapatkan beasiswa.

  1. Bad egg – Buruk : Orang yang selalu bermasalah.

Contoh kalimat : I don’t want my little brother hanging around with the bad eggs on the street – Saya tidak ingin adik saya bergaul dengan Orang-orang yang selalu bermasalah di jalanan.

  1. Big cheese – Orang yang sangat penting : Menunjukkan orang tersebut adalah orang yang sangat penting.

Contoh kalimat : I thought I was just going to interview the secretary, but they let me talk to the big cheese himself – Saya pikir saya hanya akan mewawancarai sekretaris, tapi mereka membiarkan saya berbicara dengan orang penting.

  1. Bread and butter – Kebutuhan/hal-hal inti atau penting : Menceritakan atau memberitahu hanya hal-hal yang inti atau penting atau dibutuhkan saja.

Contoh kalimat : Just explain the bread and butter of your report. You don’t have to go into details – Hanya jelasakan hal inti dari laporan kamu. Kamu tidak perlu menceritakan rincian nya.

  1. Carrot top – Seseorang yang berambut merah atau orange : Menunjukkan keadaan seseorang yang berambut merah atau orange.

Contoh kalimat : Simon is the first carrot top I’ve ever gone out with – Simon adalah orang pertama yang keluar dengan rambut berwarna merah.

  1. Use your noodle – Pergunakan otakmu : Keadaan ketika memulai sesuatu di awal.

Contoh kalimat : You’re going to have to really use your noodle on this crossword puzzle. It’s an extra difficult one – Kamu harus benar-benar menggunakan otak kamu pada teka-teki silang ini. Ini  adalah salah satu hal yang sangat sulit.

 


Knowledge is knowing a tomato is a fruit. Wisdom is not putting it in a fruit salad – Pengetahuan adalah mengetahui bahwa tomat adalah buah. Kebijaksanaan adalah tidak memasukkannya ke dalam salad buah

Miles Kington


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :