naratif

Macam – Macam Teks Naratif (Narrative Text) Dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Macam – Macam Teks Naratif (Narrative Text) Dan Penjelasannya Lengkap

naratif

 

Teks narasi atau naratif adalah urutan peristiwa, biasanya dalam urutan kronologis. Berkaitan dengan jenis teks. Teks naratif atau narrative text juga merupakan teks yang menceritakan kembali kisah atau pengalaman sebelumnya. Tujuan dari teks naratif atau narrative text adalah untuk menghibur pembaca atau pendengar dengan cerita.

Teks naratif atau narrative text pada dasarnya adalah cerita dan dalam hal ini, ada banyak jenis – jenis cerita dalam teks naratif atau narrative text, seperti komedi, misteri, romantis, dan horror.

Sebuah puisi juga bisa menjadi teks naratif atau narrative text jika menceritakan sebuah cerita bukan hanya menggambarkan sesuatu. Menurut L. Spencer, di Sebuah Panduan Langkah-demi-Langkah untuk Menulis Narasi. Rosen, 2005, Dalam menulis teks naratif atau narrative text, penulis memiliki kesempatan untuk membuat atau tanda nya di dunia dengan berhubungan cerita yang hanya dia tahu. Apakah itu berasal dari pengalaman pribadi atau adalah salah satu yang penulis telah bayangkan, titik teks naratif atau narrative text adalah untuk membawa subjek seseorang untuk hidup. Dengan menggunakan detail sensorik, lima W dan H (who, what, where, when, why, dan how), dan struktur cerita dasar, subjek dapat dibuat semenarik mungkin.

 


Berikut ini adalah bentuk umum atau macam – macam dari teks naratif atau narrative text

  1. Legenda

Apa itu legenda? Sebuah legenda adalah narasi dari perbuatan manusia yang dianggap baik oleh pencerita dan pendengar untuk mengambil tempat dalam sejarah manusia. Biasanya, legenda adalah cerita pendek, tradisional dan sejarah yang dilakukan dalam mode percakapan. Beberapa mendefinisikan legenda sebagai cerita rakyat.

  1. Fable

Sebuah Fabel adalah cerita alegoris singkat membuat yang titik moral, secara tradisional dengan cara karakter hewan yang berbicara dan bertindak seperti manusia.

  1. Dongeng

Sedangkan dongeng biasanya memiliki karakter folkloric seperti peri, goblin, elf, troll, kurcaci, raksasa atau gnome, dan biasanya diikuti dengan sihir atau mantra.

  1. Fiksi ilmiah

Fiksi ilmiah, menurut Basil Davenport. 1955, fiksi ilmiah fiksi didasarkan pada beberapa bayangan mengenai perkembangan ilmu pengetahuan, atau pada ekstrapolasi kecenderungan dalam masyarakat. fiksi ilmiah adalah prosa naratif dari situasi yang tidak bisa muncul di dunia yang kita kenal. Beberapa contoh fiksi ilmiah adalah sebagai berikut :

  1. To the Moon from the Earth by Jules Verne
  2. Starship Trooper by Robert Heinlein
  3. A Space Odyssey by Arthur C. Clarke

Dan lain sebagainya.


Demikianlah pembahasan materi kali ini mengenai “ Macam – Macam Teks Naratif (Narrative Text) Dan Penjelasannya Lengkap “.

Semoga dapat membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Thank you for attention friends

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :