even-if

Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’ Dalam Tata Bahasa Inggris

Posted on

Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’ Dalam Tata Bahasa Inggris

evenif

 

Pada kesempatan kali ini, admin akan share mengenai penjelasan dan perbedaan dari ‘Even if’ dan ‘Even Though’.

Apakah kedua pernyataan tersebut sama?

Untuk menjawab pertanyaan diatas mengenai penjelasan dan perbedaan serta penggunaan ‘even if’ dan even though’ yang mungkin membingungkan bagi sebagian pelajar bahasa inggris.

Berikut ini adalah penjelasan dan perbedaan serta penggunaan lengkap beserta contoh penggunaannya.

 


Perbedaan dan contoh – contoh kalimat menggunakan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’

‘Even if’ dan ‘even though’ tidak dapat digunakan secara bergantian atau sebagai substitusi karena kedua pernyataan tersebut memiliki arti yang berbeda.

‘Even though’ memiliki arti yang mirip dengan ‘despite the fact that’ yang berarti ‘meskipun faktanya….’.

Sedangkan ‘even if’ memiliki arti yang mirip dengan ‘whether or not’ yaitu ‘terlepas dari……….atau tidak/bukan’.

 

Mari kita bandingkan bersama – sama contoh kalimat berikut ini :

  1. Even if I had two hours to spare for shopping, I wouldn’t go out and buy a suit.

(Terlepas dari saya memiliki dua jam untuk diluangkan untuk belanja atau tidak, saya tidak akan pergi keluar dan membeli jas)

Atau

(Bahkan jika saya memiliki dua jam untuk diluangkan untuk belanja, saya tidak akan pergi keluar dan membeli jas)

  1. Even though I had two hours to spare for shopping, I couldn’t find the suit I wanted.

(Meskipun faktanya saya memiliki dua jam untuk diluangkan untuk belanja, saya tidak dapat menemukan jas yang saya inginkan)


Dari contoh kalimat diatas dapat kita simpulkan bahwa contoh pertama menggambarkan situasi yang tidak nyata dimana kita bisa mengganti ‘even if’ dengan ‘just supposing’ dan berkata : just supposing I had two hours to spare for shopping, I still wouldn’t go out and buy a suit. (Seandainya saya memiliki dua jam untuk di luangkan untuk belanja, saya masih tidak akan pergi keluar dan membeli jas)

Sedangkan pada contoh kalimat kedua mendeskripsikan situasi yang nyata dimana subjek atau pelaku menghabiskan dua jam mencari jas tertentu, namun tidak dapat menemukannya. Ketika kita menggabungkan kata ‘even’ dan ‘though’ efeknya seolah-olah kita mengatakan : you may find this surprising but……………! (Anda mungkin terkejut, tetapi…………….!)


Berikut ini adalah contoh – contoh lain dari penggunaan ‘Even if’ dan ‘even though’.

Mari kita perhatikan dan pelajari contoh – contoh kalimat berikut secara seksama.

  1. Even thoughhe lost his job as Arts Minister, he continued to serve in the government. (Meskipun faktanya/walaupun dia kehilangan pekerjaannya sebagai menteri seni, dia melanjutkan mengabdi pada pemerintah)
  2. Even ifhe loses his job as Arts Minister, I think he’ll continue to serve in the government. (Terlepas dari dia kehilangan pekerjaanya sebagai menteri seni atau tidak, Saya rasa dia akan terus mengabdi di pemerintahan)
  3. Even thoughthe injury was serious, she decided to carry on playing. It was an important match. (Walaupun cederanya serius, dia memutuskan untuk melanjutkan permainan. Ini adalah sebuah pertandingan penting)
  4. I know she’ll want to carry on playing, even ifshe gets injured. It’s an important match. (Saya tahu dia akan tetap ingin melanjutkan permainan, bahkan jika dia cedera. Ini adalah sebuah pertandingan penting)
  5. Even thoughI’ve cleaned it and polished it, it still doesn’t look new. (Meskipun faktanya saya telah membersihkannya dan memolesnya, ini masih tidak terlihat baru)
  6. Even ifI clean and polish it, it still won’t look new. (Bahkan jika saya membersihkan dan memolesnya, Ini masih tidak akan terlihat baru.

 


Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai “ Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’ Dalam Tata Bahasa Inggris “.

Semoga bermanfaat dan membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) semua.

Thank you …

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :