media

Media Yang Sering Digunakan Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris

Posted on

Media –Media Yang Sering Digunakan Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris

media

 

Sebagai bahasa internasional bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang wajib diketahui. Saat ini, bahasa Inggris merupakan pelajaran wajib yang wajib dicantumkan dalam kurikulum di sekolah-sekolah atau di tempat-tempat kuliah. Karena betapa pentingnya bahasa Inggris bagi kehidupan kita saat ini dan kedepannya.

Kita dapat melihat bahwa saya saat ini teknologi-teknologi canggih lebih mengutamakan bahasa Inggris dari pada bahasa nasional. Belum lagi kebutuhan-kebutuhan yang memang masyarakat kita harus bisa menguasai bahasa Inggris. seperti contoh, kita bekerja di perusahaan asing atau perusahaan-perusahaan yang mewajibkan setiap karyawannya bisa berbahasa Inggris minimal pasif.

Belajar bahasa Inggris pun bisa menjadi pelajaran yang sangat menyenangkan apabila sistem belajarnya dikelola dengan baik dan bisa menyatu dengan hati. Saat ini kita ketahui bahwa banyak tempat tempat kursus yang menyediakan pelajaran-pelajaran bahasa Inggris bahkan ada juga lembaga-lembaga pendidikan yang memberikan pelajaran bahasa Inggris dengan bergaransi.

Perkembangan teknologi canggih sekarang ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi seseorang yang ingin lebih mengembangkan kemampuan pelajaran bahasa Inggrisnya dengan memanfaatkan teknologi tersebut.  lalu apa saja media-media yang bisa kita gunakan untuk belajar bahasa Inggris?

 


Media – media pembelajaran yang umum digunakan dalam proses belajar mengajar

  1. Kartu gambar

Teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan kartu gambar merupakan salah satu teknik yang mudah murah dan sekaligus menyenangkan bagi siswa. Guru hanya cukup menyediakan sebuah media gambar yang dibentuk dalam bentuk kartu yang didalamnya ada gambar-gambar yang merupakan bentuk kosakata yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari.

Mintalah kepada siswa agar siswa menjelaskan secara singkat gambar-gambar tersebut dan terutama di jelaskan dengan menggunakan bahasa Inggris. Khusus bagi anak-anak kartu gambar tersebut lebih baik dicetak langsung dengan artinya yang berada di bagian belakang kartu gambar tersebut sehingga memungkinkan siswa untuk lebih mudah menghafal kosakata dalam bentuk visual.

 

  1. Menggunakan komik bergambar.

Seperti kita ketahui bahwa komik bergambar sangat digemari anak anak, maka dari itu kita bisa memanfaatkan komik tersebut untuk memberikan pelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan sekaligus menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris.

 

  1. Menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Teknik belajar bahasa Inggris dengan menggunakan media lagu berbahasa Inggris merupakan salah satu cara yang unik dan menarik. Mintalah siswa untuk menghapalkan satu buah lagu berbahasa Inggris kemudian menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Jika perlu bisa menggunakan isyarat bahasa tubuh pada saat menyanyikan lagu berbahasa Inggris tersebut siswa benar benar memahami apa yang sedang dipikirkannya.

 

  1. Menggunakan aplikasi berbahasa Inggris

Seperti kita ketahui saat ini berbagai teknologi canggih sudah banyak digunakan oleh banyak orang mulai dari handphone, tablet hingga komputer yang memiliki kecanggihan yang luar biasa. tidak ada salahnya jika kita menggunakan media tersebut untuk menginstal aplikasi-aplikasi pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi-aplikasi yang di ketemukan biasanya bisa berbentuk games, musik, kosakata, gambar atau dukungan percakapan bahasa Inggris.

 

  1. Pemutaran film berbahasa Inggris.

Sudah hampir dipastikan setiap hari kita bisa menjumpai film berbahasa Inggris lokal. tentunya film merupakan media yang paling menyenangkan dan paling bisa dinikmati oleh semua orang. saat ini bukan hanya anak-anak yang menikmati film berbahasa Inggris, bagi mereka yang sudah berumur pun akan menyukai film tersebut. berikan film-film motivasi yang bermanfaat untuk perkembangan jiwa anak atau film-film yang sifatnya mendidik namun dengan menggunakan bahasa Inggris. minta siswa untuk memperhatikan film tersebut dengan baik kemudian di akhir film tersebut mintalah siswa agar menjelaskan dengan singkat apa cerita dalam film tersebut.

 

Sebenarnya masih banyak media-media yang bisa kita gunakan untuk memperdalam pengetahuan kita tentang bahasa Inggris. tinggal bagaimana kita berkreasi menciptakan media-media yang dapat membantu memberikan materi bahasa Inggris dan menyenangkan. bagi yang belajar bahasa Inggris sendiri yang paling penting adalah memperbanyak kosakata dan sering mempraktekkan percakapan bahasa Inggris.


Demikian pembahasan materi kali ini mengenai media –media yang sering digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris.

semoga bermanfaat dan bisa membantu seluruh sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar bahasa inggris. Dan apabila ada kesalahan, kritik dan saran sangat diperlukan.

Thank you for your attention…


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


loading...