subjek predikat objek

Penjelasan, Fungsi Dan Contoh Tentang Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penjelasan, Fungsi Dan Contoh Tentang Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa Inggris

subjek predikat objekDidalam bahasa Indonesia kita telah mengenal dan memahami dengan jelas apa itu SPOK. For Your Info, kalimat adalah satuan terkecil dari bahasa dalam bentuk lisan maupun tulisan dan terdiri dari rangkaian kata yang memiliki/mengandung makna atau suatu pesan tertentu. Kalimat yang baik dan benar mengandung unsur-unsur kalimat yang terdiri dari Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Keterangan (K), dan Pelengkap (P)

Subjek itu sendiri adalah pelaku atau orang yang melakukan kegiatan tertentu. Subjek pada umumnya berupa kata benda seperti nama orang, binatang, tumbuhan, dan benda. Dan predikat adalah unsur kalimat yang menyatakan kegiatan yang sedang dilakukan oleh pelaku/subjek. Predkat biasanya merupakan kata-kata kerja. Sedangkan objek adalah sesuatu yang dikenai tindakan oleh subjek. Sama seperti subjek, objek dapat berupa kata-kata benda.

And now mari kita bahas bersama tentang subjek, predikat, kata kerja maupun objek dalam bahasa Inggris. What do you think? Apakah sama penjelasannya dalam bahasa Indonesia?

Let’s see…


Penjelasan, Fungsi Dan Contoh Kalimat Berisikan Subjek, Predikat, Kata Kerja Dan Objek Dalam Bahasa Inggris

Subject (subjek), verb (kata kerja), predicate (predikat) dan object (objek) adalah the building blocks of any sentence, yaitu penyusun kalimat apapun. Untuk dapat menggunakannya dengan benar salah satu langkah pertama adalah menulis dan berbicara bahasa Inggris dengan baik

Dalam bahasa inggris sentence atau kalimat adalah the conventional unit of connected speech and writing. It is a group of words that together makes sense as a statement, question, command or exclamation  yaitu unit konvensional yang terhubung dengan berbicara dan menulis. Kalimat juga berarti kelompok kata yang bertindak sebagai pernyataan, pertanyaan, perintah atau tanda seru.

Isi dari sentence atau kalimat antara lain subject (subjek), verb (kata kerja), predicate (predikat) dan object (objek).

A. Subject atau subjek adalah kata yang merupakan komponen utama dari kalimat, dapat didefinisikan sebagai who atau what dalam kalimat. Sebuah subjek selalu diperlukan dalam sebuah kalimat dalam bahasa Inggris. Subjek dapat berupa noun (kata benda), noun phrase (frase kata benda) atau pronoun (kata ganti).

Contoh :

  1. The dog barked (anjing menggonggong). Dalam contoh kalimat ini terdapat noun (kata benda) tunggal sebagai subjek yaitu the dog (anjing)
  2. The five dogs barked (lima anjing menggonggong). Dalam contoh kalimat ini terdapat noun phrase (frase kata benda) sebagai subjek yaitu five dogs (lima anjing).
  3. It started barking (dia mulai menggonggong). Dalam contoh kalimat ini terdapat pronoun (kata ganti) sebagai subjek yaitu it (dia) menggantikan the dog (anjing).
  4. Predicate atau predikat merupakan frase dalam kalimat, yang memberitahu apa yang sedang dilakukan oleh subjek. Predikat juga menginformasikan tentang hubungan antara subjek dan tindakan yang dilakukan.

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


B. Predicate atau predikat selalu mengandung verb (kata kerja) yang merupakan kata-kata yang menunjukkan tindakan yang dilakukan

Contoh :

  1. The dog was barking (anjing itu sedang menggonggong). Dalam contoh kalimat ini yang dilakukan oleh subjek adalah menggonggong. Predikatnya adalah was barking (sedang menggonggong) dan kata kerja nya adalah barking (menggonggong).
  2. The ball was kicked by the boy (bola ditendang oleh anak itu). Dalam contoh kalimat ini yang dilakukan oleh subjek adalah tendang. Predikatnya yaitu was kicked by (ditendang oleh) dan kata kerja nya adalah kicked (ditendang).

C. Object atau objek merupakan suatu ketidakharusan dalam sebuah kalimat. Tujuannya adalah hal yang secara langsung atau tidak langsung menerima tindakan yang dilakukan oleh subjek.

Contoh :

  1. The dog barked at the hospital (anjing menggonggong di rumah sakit). Objek dalam contoh kalimat ini sangat jelas yaitu hospital (rumah sakit).
  2. The ball was kicked by the boy (bola ditendang oleh anak itu). Objek dalam kalimat ini adalah the boy (anak laki-laki).

Untuk penjelasan yang lebih jelas, berikut kesimpulan dari pembahasan diatas

Contoh kalimat :

Rita goes to Japan (Rita pergi ke Jepang).

Dalam kalimat ini menunjukkan bahwa,

  1. Subject atau subjek adalah Rita karena Rita adalah orang yang melakukan tindakan
  2. Predicate atau predikat adalah goes to yang menghubungkan subjek Rita dengan verb (kata kerja)
  3. Verb atau kata kerja adalah goes yang berarti melakukan tindakan yaitu pergi
  4. Object atau objek yaitu Japan.

 


– Be happy

Be the best you can

Be good and kind –

See you 🙂