Prose: Pengertian, Macam, Jenis, Ciri Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Prose: Pengertian, Macam, Jenis, Ciri Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Prose : Pengertian, Macam, Ciri Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Prose : Pengertian, Macam, Jenis, Ciri Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


 

Prose: Pengertian, Macam, Jenis, Ciri Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Prose: Pengertian, Macam, Jenis, Ciri Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Literatur atau sebuah karya sastra sangat banyk dan beraneka ragam, begitu pula literatur dalam bahasa Inggris terdapat berbagai macam karya sastra yang klasik maupun yang modern. Dari berbagaikarya sastra Inggris tersebut salah satunya adalah Prose. Nah kali ini IBI akan membahas tentang Prose, bagaimana penjelasannya? mari kita simak bersama.


 

 Apa yang dimaksud dengan Prose?

Prosa adalah bentuk bahasa yang memiliki struktur berirama tidak formal. Itu berlaku aliran alami pidato, dan struktur gramatikal biasa daripada struktur berirama, seperti dalam kasus puisi tradisional.
Normal setiap hari pidato disebutkan dalam prosa dan kebanyakan orang berpikir dan menulis dalam bentuk prosa. Prosa terdiri dari kalimat-kalimat penuh tata bahasa yang terdiri dari paragraf dan forgoes estetika mendukung bahasa sederhana, jelas. Dapat dikatakan sebagai paling reflektif percakapan pidato. Beberapa karya prosa memiliki versification dan perpaduan kedua format yang disebut prosa puisi.

Jenis-Jenis Prose

Ada beberapa jenis Prose yang diketahui, yaitu:
  • Prosa lama
Prosa lama adalah sebuah karya sastra yang belum mendapat pengaruh dari kebudayaan barat. Pada awalnya prosa lama berbentuk lisan karena belum ditemukannya alat tulis menulis. Namun, kini prosa lama juga dapat ditemukan dalam bentuk tulisan. Adapun bentuk-bentuk prosa lama, diantaranya adalah:

1. Hikayat

Hikayat merupakan cerita yang berisi tentang kehidupan para dewi, dewa, pangeran, raja, dan lain-lain. Cerita-cerita yang ada di dalam hikayat bersifat fiksi dan tidak masuk akal.

2. Sejarah (Tambo)Sejarah adalah salah satu bentuk prosa lama yang bercerita tentang peristiwa-peristiwa tertentu. Sejarah sastra lama berbeda dengan sejarah yang ditulis pada masa kini. Kebanyakana sastra lama sejarah disampaikan dengan menambahkan penyedap atau bumbu-bumbu cerita sehingga terdengar lebih menarik. Sedangkan sejarah yang ditulis pada masa kini sama persis dengan kejadian sebenarnya dan dapat dibuktikan dengan fakta.

3. Kisah

Kisah adalah prosa lama yang berbentuk cerita-cerita pendek. Biasanya kisah bercerita tantang sebuah perjalanan, pengalaman atau petualangan orang-orang dahulu.

4. Dongeng

Salah satu bentuk prosa lama yang sangat popular adalah dongeng. Bentuk prosa lama ini bercerita tentang khayalan-khayalan masyrakat pada zaman dahulu. Ragam dan bentuk dongeng pun berbeda-beda sesuai dengan isinya. Bentuk-bentuk dongeng antara lain:

a. Myth (Mitos)

Mite atau Myth adalah dongeng yang bercerita tentang kepercayan terhadap alam-alam ghaib atau benda-benda magis.

Bentuk dongen ini bercerita tentang riwayat atau asal-usul terjadinya sesuatu.

c. Fabel

Fabel bercerita tentang kisah-kisah yang menokohkan binatang. Cerita fable ini biasa digunakan oleh orang-orang tua sebagai media untuk mendidik anak-anak mereka.

d. SageBentuk dongeng ini menceritakan tentang kisah-kisah kepahlawanan, keberanian, maupun kisah kesaktian seseorang.

e. Jenaka atau Pandir

Dongeng jenaka atau pandir menceritakan tentang orang-orang bodoh yang bernasib sial. Dongeng ini biasanya bersifat humor dan menghibur pendengarnya dengan kelucuan-kelucuan yang ada di dalam cerita.


  •  Prosa Baru

Prosa baru adalah bentuk prosa yang muncul setelah mendapat pengaruh dari budaya-budaya asing atau barat. Bentuk prosa ini muncul setelah prosa lama dianggap telah kuno. Bentuk-bentuk prosa baru antara lain:

1. Roman

Roman adalah prosa baru yang menceritakan tentang kehidupan seseorang, dimulai dari lahir hingga kematiannya. Prosa ini menyajikan suatu aspek kehidupan masyarakat secara utuh dan menyeluruh dan memiliki banyak alur yang bercabang-cabang. Salah satu contoh roman adalah Layar Terkembang karya Sultan Takdir Ali Syahbana.

2. Novel

Bentuk prosa baru ini menceritakan sebuah cerita atau kisah yang panjang. Novel menceritakan sebagian kehidupan seseorang sebagai tokoh utama yang mengandung beberapa konflik. Konfilk-konflik tersebutlah yang merubah kehidupan pelaku utamanya. Contohnya adalah Novel Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Ave Maria, dan lain-lain.

3. Cerpen

Cerpen adalah salah satu bentuk prosa baru yang cukup popular. Prosa baru ini menceritakan sebuah pengalaman atau sebgaian kecil kisah pelaku utamanya. Yang membedakan cerpen dengan novel adalah konflik pada cerpen hanya satu dan tidak meyebabkan perubahan sikap pada tokoh utama, sedangkan pada novel banyak ditemukan konflik. Contoh cerpen antara lain Robohnya Surau Kami karya A.A Navis, Keluarga Gerilya karya Pramoedya Ananta, dan lain-lain.

4. Riwayat

Riwayat menceritakan sebuah kisah yang berisi tentang pengalaman-pengalam hidup seseorang yang diangkat dari kisah nyata orang tersebut dari lahir hingga meninggal. Biasanya yang dieritakan adalah tokoh-tokoh terkenal dan menginspirasi orang banyak. Ada beberapa jenis riwayat yaitu biografi dan otobiografi. Biografi merupakan kisah tokoh yang ditulis oleh orang lain. Sedangkan otobiografi kisah yang ditulis oleh orang yang bersangkutan.

5. Kritik

Kritik berbentuk sebuah uraian-uraian pertimbangan seseorang terhadap suatu hasil kerja atau karya orang lain. Kritik berisi alasan-alasan tertentu dan bersifat objektif atau menghakimi.

6. Resensi

Resensi adalah prosa baru yang isinya membicarakan atau mengulas suatu karya baik yang berbentuk buku, film, lagu maupun jenis karya seni lainnya. Resensi bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap suatu karya baik dari segi tema, tokoh, alur dan unsur-unsur lainnya agar menjadi pertimbangan bagi pembaca untuk menikmati atau tidak karya tersebut.

7. Esai

Bentuk prosa baru yang terakhir adalah Esai. Prosa ini berisi tulisan-tulisan yang mengandung pendapat-pendapat pribadi penulisnya terhadap sesuatu yang sedang menjadi bahan pembicaraan hangat di masyarakat.


Ciri – Ciri Prose

  • Ciri-ciri Prosa Lama

– Di pengaruhi oleh sastra hindu atau arab.

– Ceritanya anonim “tanpa nama”

– Milik bersama.

– Bersifat statis, sesuai dengan kondisi masyarakat waktu itu.

– Berbentuk hikayat, tambo, dongeng”pembaca di bawa ke alam imajinasi”

  • Ciri-ciri Prosa baru

– Tertulis.

– Masyarakat sentris”cerita diambil dan kehidupan masyarakat sekitar”.

– Dipengaruhi pengarangnya.

– Dipengaruhi sastra barat.

– Bentuk ronam,cerpen,drama.


Contoh Prose Bahasa Inggris

  • Hikayat

Mouse Deer and Tortoise

Folktale from West Kalimantan. Mouse deer and the tortoise has long been friendly. On One day they went fishing lake disebuah. See your them with a deer. Deer want to participate. Then they went to all three. Disebuah hill until they met a a deer. Deer also want to participate. Deer soon joined in the group. On the way, disebuah valley see your them with a wild pig. Pig Forest asks you whether he should participate. “Of course, it’s a good idea, rather than just the four of more either five, “answered the tortoise. Arriving at the next hill, they see your with a bear. Then the six of them continue the journey. Then they met with a rhinoceros. “What if I go,” asked rhinoceros. “Why not?”, Answered all. Even then join also a bull.

The next time the group met with a deer buffalo that finally participated. Similarly, when they met with an elephant. Thus, ten of them marching hand in hand follow the deer and finally they get to the lake the destination. What a number of fish that successfully was arrested. Fish then disalai with smoing with a flame until dry. The next day, the bear in charge of keeping the fish when the others were going fishing. Suddenly a tiger came closer.

Shortly then the bear and tiger involved in the exciting fights. Bear collapsed and the fish eaten tiger. Respectively they are then assigned an elephant, buffalo, rhino, buffalo, wild boar, deer and antelope, all of them give up. Now living turtles and deer that has not affected the fish wait their turn. The tortoise is considered unlikely powerless against tiger, it was decided that would keep the deer. Prior to his friends go fishing, asked them to collect rattan as much as possible. Then each cut about one cubit.

Soon the deer appear ‘re busy making anklets, bracelets body, bracelet knee and neck bracelets. Intermittently deer looked into the sky as if someone was noticed. Tiger’s astonishment, then slowly approached the deer. Mouse Deer pretended do not care about tigers. Tiger asked, “Why rattan bracelets reams of it? “. Answer deer,” Who wear these bracelets will be able to see what is happening in lagit “. Then he looked up with a as if she were enjoying the view above. Sunrise tiger desire to be able to also see what that occurred in the sky. What a clever individual elated to hear the request tiger. Asked the tiger sitting on the ground folded hands and feet. Then dilingkarinya both hands, both legs and neck tiger with bracelets rattan as much as possible so that tigers can not be moving again. Once is enough, the group intends deer back home, but they argue on each section.

They argue, who will get a big part too large. Mouse Deer did not actually agree with the proposal. Then he was looking reasonable. Sudden jump deer and gave no sign of distress. Everything frightened and scampered to escape. There is a headlong fall, there who plunged into the hole and some are caught the roots. Salaipun they leave behind all. Only deer and turtles that do not run. Together they home and walk chanting, carrying package is loaded.


Demikian penjelasan tentang Prose, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.. jangan lupa belajar ya..

-terima kasih-


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :


loading...