Kumpulan Nama Bahan Kain Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasanya
Kumpulan Nama Bahan Kain Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasanya

Kumpulan Nama Bahan Kain Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasanya

Posted on

Kumpulan Nama Bahan Kain Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasanya


Halo sobat IBI…

Kain adalah bahan yang terbuat dari serat alami yang pertama diolah menjadi untaian untain benang atau serat.Kain merupakan jenis bahan tekstil yang diolah sedemikian rupa dengan menyilangkan benang lusi dan benang pakan. Serat tekstil dapat dikelompokkan atas dua yaitu serat alam dan serat buatan. Untuk serat buatan dibagi menjadi dua yaitu serat setengah buatan dan serat sintetis (Goet Poespo, 2005:9).

Seiring berkembangnya minat serta selera konsumen terhadap variasi warna tekstil dan kenyamanan kain merupakan hal penting yang harus diperhatikan, yang merupakan era globalisasi sebagai gelombang menuju perubahan modernitas pada saat ini sudah melanda sendi kehidupan termasuk peningkatan kebutuhan kain. Warna-warna indah yang telah dihasilkan akan menimbulkan daya tarik yang tinggi bagi konsumennya yang mempunyai kekuatan tersendiri dan dapat menciptakan suasana tertentu bagi konsumen, dan kenyamanan kainnya juga menjadi utama dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu.

Serat tekstil dapat dikelompokkan atas dua yaitu serat alam dan serat buatan. Untuk serat buatan dibagi menjadi dua yaitu serat setengah buatan dan serat sintetis (Goet Poespo, 2005:9).

Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentang jenis kain dalambahasa inggris dan penjelassannya. langsung saja kita simak berikuut ini.


Kumpulan Nama Bahan Kain Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasanya
Kumpulan Nama Bahan Kain Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasanya

Nama Kain

  1. Spandex/Lycra: Serat Sintetis

Spandex adalah serat sintetik yang mempunyai elastisitas yang luar biasa. Lebih kuat dan lebih tahan daripada karet. Spandex merupakan kopolimer dari poliuretan dan poliurea yang diciptakan oleh seorang kimiawan yang bernama Joseph Shivers di laboratorium Dupont ‘s Benger di Waynesboro, Virginia pada tahun 1959. Di Amerika Utara dan Eropa Spandex dikenal dengan nama Elastane. Merk-merk lainnya yaitu Lycra (Invista, sebelumnya bagian dari DuPont), Elaspan (Invista), Creora (Hyosung), ROICA dan Dorlastan (Asahi Kasei), Linel (Fillattice), dan ESPA (Toyobo).


2.  Chiffon atau Kain sifon

Chiffon atau Kain sifon  merupakan kain yang terbuat dari sutra, katun, nilon, polyester, atau rayon. Kain sifon  ini cenderung tipis dengan kilau samar dan penenunan sederhana. Kain Chiffon atau sifon  cocok digunakan untuk pakaian formal dan cocok juga untuk gaun malam.


3. Cotton: Katun

Cotton atau katun artinya kapas. Bahan katun dibuat dari serat kapas alami oleh karena itu ringan dan sangat nyaman dipakai. Teksturnya halus, lembut tetapi kuat dan tahan lama. Selain untuk pakaian, bahannya yang sangat nyaman dan tidak panas digunakan juga digunakan sebagai bahan sprei dan pakaian dalam.


4. Denim: Denim / Jeans

Denim adalah bahan pembuatan celana Jeans.Denim tercipta di sebuah kota di Perancis, yaitu Nimes. Awalnya bahan ini disebut ‘Serge de Nimes’ kemudian di singkat menjadi de Nime atau lebih populer di sebut Denim. Denim merupakan material kain kokoh yang terbuat dari kain katun twill.


5. Linen: Linen

Linen (lenan) merupakan bahan yang terbuat dari serat tumbuhan rami (Linum usitatissimum). Biasanya diguakan untuk membuat pakaian. Linen sering digunakan dalam membuat pakaian ringan dan taplak meja.


6. Twistcone

Bahan ini lebih mirip dengan bahan sifon, namun memiliki tebal & berat yang lebih dibandingkan sifon, oleh karena itu tidak tembus pandang seperti sifon . Selain itu, twistcone lebih jatuh di badan, tidak menyerap keringat, serta tidak meninggalkan bau badan (bau tidak sedap) seperti pada sifon.


7. Rayon
Kain rayon merupakan campuran antara bahan cotton dengan rayon viscosa (RVC) yang berbahan dasar kayu sehingga merupakan konduktor panas yang baik. Bahan rayon memiliki efek mengkilap & mudah menyerap keringat sehingga cocok digunakan untuk musin panas. Jenis kain ini umumnya digunakan untuk pembuatan kemeja. Jika Anda mencuci pakaian berbahan dasar rayon, sebaiknya cuci dengan air hangat & tidak perlu dikucek.


8. Knet/ Rajut

Rajutsebenarnya adalah proses pembuatan dari benang menjadi kain. Pakaian berbahan rajut umumnya menggunakan benang yang lebih besar sehingga hasilnya terlihat lebih kasar dibandingkan bahan lainnya. Rajut sangat berguna untuk menghalau dingin. Jika dipakai akan terasa hangat karena biasanya benang yang digunakan dari bahan sintetik & tebal.


Demikian informasi  yang dapat IBI sampaikan, Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah informasi bagi sobat IBI semua.

Referensi IBI lainnya:

loading...