toefl

Penjelasan, Jenis Ujian Dan Informasi Penting Lainnya Mengenai Ujian TOEFL

Posted on

Penjelasan, Jenis Ujian Dan Informasi – Informasi Penting Lainnya Mengenai Ujian TOEFL

toefl

Test of English as a Foreign Language atau sering disingkat TOEFL merupakan tes kamampuan Bahasa Inggris yang digunakan sebagai syarat atau acuan yang diperlukan bagi mahasiswa  non-native English speakers untuk mendaftar ke universitas universitas di Amerika dan Kanada.  TOEFL juga digunakan sebagai pertimbangan mengenai kemampaun Bahasa Inggris calon mahasiswa di beberapa Negara lain seperti Eropa dan Australia. TOEFL test muncul pada tahun 1962 dari rekomendasi dewan nasional Amerika yang terdiri dari perwakilan tiga puluh  organisasai pemerintah dan swasta untuk mengakomodir calon mahasiswa yang ingin belajar di Amerika.

 

TOEFL secara resmi pertama kali dilaksanakan  pada tahun 1964 oleh Modern Language Association (asosiasi professional sarjana bahasa dan sastra). Pada tahun 1965 College Board (badan asosiasi yang terdiri dari lebih dari 5900 sekolah, akademi, universitas dan lembaga pendidikan lainya) dan Educational Testing Service (organisasi penilain dan pengujian pendidikan) ditunjuk untuk melanjutkan program tes TOEFL.  Pada Tahun 1973 dewan The Graduate Record Examination (standard test penerimaan sekolah di Amerika) bergabung dengan ETS dan College Board untuk melaksanakan program TOEFL.


Perkembangan Test TOEFL

Secara umum TOEFL sudah mengalami beberapa perubahan dalam konsep dan isi tes

1.Tahap pertama 1964-1979

Pembedaan komponen keterampilan bahasa dan pengetahuan

Bentuk tes pilihan ganda meliputi kosakata,pemahaman bacaan, pemahaman mendengarkan, pengetahuan struktur dan tata bahasa Inggris

  1. Tahap kedua 1979-2005

Kemampuan dasar (mendengarkan, membaca, struktur dan tata bahasa) ditambah dengan  kemampuan menulis dan kemampuan berbicara

Selain pilihan ganda, ditambah dengan penilain terpisah tentang kemampuan menulis atau TWE (Test of Written English) dan kemampuan berbicara atau TSE (Test of Spoken English)

3.Tahap ketiga IBT test 2005-sekarang

Pengembangan kompetensi  komunikatif atau kemampuan untuk menggunakan kemampuan bahasa dalam konteks komunikasi yang relevan

Pengembangan akademik yang membutuhkan kemampuan reseptif dan produktif semua skill mencakup reading, listening dan writing begitu juga item pilihan ganda dalam listening dan reading.

 

Berdasarkan penjelasan di atas kita dapat melihat perkembangan TOEFL test dari pertama kali munculnya sampai sekarang.  TOEFL sekarang tidak hanya mengacu kepada komponen komponen tertentu seperti tata bahasa ataupun kosakata Bahasa Inggris saja tetapi sudah berkembang. TOEFL kini mengacu kepada Comunicative competence atau Kompetensi komunikatif yang berfokus pada penggunaan pengetahuan linguistik dalam konteks komunikasi yang relevan kususnya konteks akademik.  Di dalam konteks akademik ini, bahasa digunakan terintegrasi secara receptive (listening, reading) dan productive (speaking, writing)

 


Jenis test TOEFL

  1. Paper-based Test (PBT)

Paper-based Test merupakan tes TOEFL tertulis yang dilaksanakan di wilayah tertentu.  Setelah kemunculan IBT sebenarnya PBT sudah tidak berlaku, namun demikian PBT masih banyak digunakan di beberapa wilayah termasuk Indonesia. Secara umum PBT berlangsung selama kurang lebih dua jam dan terdiri dari 4 bagian yaitu :

  1. Listening (30-40 menit)

Listening terdiri dari tiga bagian yaitu Party A, Part B, dan Part C. Part A terdiri dari 30 pertanyaan berisi dialog pendek, Part B terdiri dari 8 pertanyaan berisi dialog panjang, dan Part C terdiri dari 12 pertanyaan berisi ceramah atau kuliah.

  1. Structure and Written Expression (25 menit)Structure and Written Expression terdiri dari 40 soal yang dibagi menjadi dua bagian. Part A terdiri dari 15 soal pilihan ganda(melengkapi kalimat secara tepat) dan Part B berisi 25 soal pilihan ganda untuk mengidentifikasi kalimat atau kata yang salah.
  2. Reading comprehension (55 menit) Reading Comprehension berisi 50 pertanyaan pemahaman bacaan.
  3. Writing (30 menit)Tes Writing berisi esai sebanyak 250 sampai 300 kata.

 

Penilaian Paper-based Test

Skor TOEFL PBT dibagi menjadi  tiga sub kategori yaitu listening 31-68, structure 31-69, dan reading 31-67. Total skor untuk TOEFL PBT berkisar antara 310-677. Khusus untuk TWE tidak digabung dengan skor total PBt karena TWE mempunyai skor sendiri yang berkisar dalam skala 0-6. 2.

 

  1. Internet-based Test (IBT)

IBT berlangsung selama kurang lebih 4 jam yang terdiri dari 4 bagian. Yang pertama adalah reading, listening, speaking, dan writing. Tes ini berfokus pada penggunaan bahasa Inggris secara akademik yang digunakan di dalam perguruan tinggi.

  1. Reading

Reading terdiri dari 4-6 teks yang masing masing terdiri dari 700 kata. Teks ini menuntuk pemahaman bacaan seperti sebab-akibat, perbandingan, dan argumen. Pertanyaan yang muncul dalam tes ini biasanya tentang, topik bacaan, detail informasi, kesimpulan, kosakata, dan masih banyak lagi. Topik dari teks ini adalah topik akademik  yang sesuai dengan topik topik yang mungkin muncul dalam buku teks perguruan tinggi.

  1. Listening

Listening terdiri dari 6 bagian yaitu 2 percakapan dan 4 perkuliahan akademik atau diskusi. Untuk bagian percakapan berlangsung selama 3-5 menit dan berisi 5 pertanyaan setelah setiap pertanyaan. Sedangkan bagian perkuliahan akademik berlangsung selama 3-5 menit dan terdiri dari 6 pertanyaan.

  1. Speaking

Tes speaking terdiri dari 6 bagian. Dua bagian pertama merupakan bagian bebas dimana kandidat diberikan kesempatan untuk memberikan opini secara spontan tentang beberapa topic yang diberikan. Empat bagian yang lain merupakan bagian kusus dimana kandidat akan membaca akademik article atau mendengarkan perkuliahan/ percakapan di kampus kemudian kandidat menjawab beberapa pertanyaan sesuai dengan tema yang diberikan.

  1. Writing

Ada dua bagian dalam test writing. Yang pertama adalah tes kusus dimana kandidat diberikan bacaan/article dan mendengarkan percakapan/perkuliahan dan kandidat diharuskan untuk membuat ringkasan dari article/ listening tersebut. Untuk bagian umum kandidat diharuskan untuk membuat esai  tentang beberapa topic yang diberikan.

 


Demikian cerita artikel kali ini mengenai Penjelasan, jenis dan informasi – informasi penting lainnya mengenai ujian TOEFL.

Thank you for your attention…

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...