Subect dan Verb: Skill Satu dalam TOEFL yang Wajib Kamu Pahami
Subect dan Verb: Skill Satu dalam TOEFL yang Wajib Kamu Pahami

Subject dan Verb : Skill 1 TOEFL yang Wajib Kamu Pahami

Posted on

Subject dan Verb : Skill 1 TOEFL yang Wajib Kamu Pahami


Halo sahabat IBI, sudah sampai mana belajar TOEFL-nya? Semoga semakin mantap yaa, dan yakin hasilnya akan memuaskan.

Kali ini, IBI akan mengulas skill pertama dalam TOEFL terkait structure, yakni sebuah kalimat benar jika minimal memiliki subject dan verb.

Subect dan Verb: Skill Satu dalam TOEFL yang Wajib Kamu Pahami
Subect dan Verb: Skill Satu dalam TOEFL yang Wajib Kamu Pahami

Seperti yang kita tahu, sebuah kalimat dalam bahasa Inggris wajib memiliki subject dan verb. Jika salah satu di antaranya tidak ada, maka kalimat tersebut sudah pasti salah. Subject dan verb adalah permasalahan yang sering keluar dalam pertanyaan structure di tes TOEFL.

 

Jika menemukan tipe soal seperti ini, berikut tips yang harus sahabat IBI lakukan:

  1. Pastikan bahwa kalimat kehilangan salah satu dari subject atau verb, bahkan mungkin keduanya.
  2. Pastikan kalimat memiliki extra subject atau extra verb.
  3. Carilah jawaban dalam pilihan yang disediakan. Cari subject jika kalimat belum memiliki subject. Dan cari verb jika kalimat belum memiliki verb.
  4. Pastikan antara subject dan verb sesuai (subject singular-verb singular, subject plural-verb plural).

 

Example 1:

was backed up for milcs on the freeway.

  • Yesterday
  • In the morning
  • Traffic
  • Cars

 

Dalam contoh diatas, pertama kamu harus melihat bahwa kalimat sudah memiliki verb was, namun kalimat masih belum memiliki subject. Pilihan (A) salah karena yesterday tidak bisa dijadikan subject, melainkan keterangan waktu. Pilihan (B) juga salah karena merupakan keterangan waktu. Pilihan (D) salah karena subject cars (jamak) tidak akan sesuai dengan verb was (singular). Sehingga pilihan paling tepat adalah (C) traffic.


Example 2:

Engineers for work on the new space program.

  • Necessary
  • Are needed
  • Hopefully
  • Next month

Pada contoh di atas, pertama kamu harus menyadari bahwa kalimat sudah memiliki subject engineers, namun belum ada verb kalimat. Pilihan (A) salah karea necessary tidak bisa dijadikan verb. Pilihan (C) salah karena bukan verb menalinkan adverb. Pilihan (D) salah karena merupakan keterangan waktu yang tidak bisa dijadikan verb. Jadi pilihan paling benar adalah (B) are needed.


Example 3:

The boy                        going to the movies with a friend.

  • He is
  • He always was
  • Is relaxing
  • Will be

 

Kalimat di atas sudah memiliki subject the boy, namun kalimat masih membutuhkan verb untuk membuatnya menjadi benar. Pilihan (A) salah karena aka nada dua subject dalam kalimat, yaitu the boy dan he. Pilihan (B) salah karena aka nada dua subject yakni the boy dan he. Pilihan (C) juga salah karena verb tersebut menunjukkan bentuk continuous tense (sedang dilakukan) sementara dalam kalimat ada kata going to (akan), jadi the boy baru akan pergi ke movies. Sehingga pilihan paling tepat adalah (D) will be.


Itulah pembahasan mengani skill 1 dalam TOEFL yang harus sahabat IBI pahami. Semoga dengan ulasan ini bisa membuat sahabat IBI lebih lancar mengerjakan tes TOEFL yaa

-Salam IBI-

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

 

loading...