Punctuation

9 Aturan Penting Dalam Penggunaan Punctuation Atau Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris

Posted on

9 Aturan Penting Dalam Penggunaan Punctuation Atau Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris

 Punctuation

 

Punctuation atau tanda baca adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam menulis. Menulis yang baik salah satu nya adalah menggunakan tanda baca yang benar, jika menulis dengan tanda baca yang salah merupakan tanda kelemahan dalam penulisan atau kecerobohan daalm penulisan. Tapi hal semacam ini dapat dihindari, karena tanda baca cukup sederhana untuk dapat dikuasai. Berikut ini adalah beberapa aturan-aturan dasar yang perlu diingat dalam penggunaan punctuation atau tanda baca dalam bahasa inggris.

 


Aturan-aturan yang perlu diketahui dalam penggunaan tanda baca (punctuation) dalam bahasa inggris

  1. Setiap kalimat harus diakhiri dengan full stop atau tanda baca titik.
  2. Kata benda yang tepat, contohnya names of people (nama orang), places (nama tempat), brands (merek) dan lain sebagainya harus ditulis dalam huruf capital diawal kata.
  3. Jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) menggunakan quotation mark atau tanda baca tanda kutip diawal, jangan lupa untuk menggunakan penutup tanda baca tanda kutip pada akhir kata atau frase yang dikutip.
  4. Tanda kutip adalah ketika mengutip atau kadang-kadang digunakan untuk menyampaikan ungkapan yang ironi, bukan untuk penekanan; penekanan hanya ditulis dengan penebalan huruf (emboldening) atau huruf miring (italicization), diikuti oleh tanda seru.
  5. Jangan sekali-kali menggunakan apostrophe (tanda petik satu) ketika menjamakkan kata. Contohnya bentuk jamak dari toy atau mainan adalah toys bukan toy’s. bentuk apostrophe atau tanda petik satu digunakan untuk bentuk contraction (it is = it’s) dan menunjukkan kepemilikan atau possession.
  6. Elipsis atau titik-titik biasanya digunakan untuk menunjukkan pemikiran yang belum selesai ataupun mengakhiri ungkapan silent atau diam dalam keheningan. Elipsis atau titik-titik hanya terdiri dari 3 titik. Dalam hal ini tidak dibenarkan untuk menambah titik-titik dalam tanda baca elipsis. Karena iitu merupakan tanda baca yang berlebihan dan termasuk tanda baca yang tidak benar atau incorrect punctuation.
  7. Sesuai aturan bahasa inggris British, setiap tanda baca yang bukan merupakan bagian dari bagian yang dikutip dari teks harus ditempatkan di luar tanda kutip. Namun, dalam kasus direct speech, tanda baca harus diapit dalam tanda kutip.
  8. Jangan menghubungkan klausa independen dengan koma. klausa independen adalah pengelompokan kata-kata yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat.
  9. Gunakan koma setelah elemen pengantar dalam kalimat. Unsur pengantar adalah kata atau frase yang dimulai kalimat dengan memberikan latar belakang, atau hanya memodifikasi nya. Misalnya, Honestly I don’t know how I managed to escape is wrong atau Jujur saya tidak tahu bagaimana saya berhasil melarikan diri. Dalam contoh kalimat tersebut, karena kata honestly atau jujur memodifikasi kalimat. Oleh karena itu contoh kalimat nya seharusnya Honestly, I don’t know how I managed to escape.

 


I am not lazy, I am on energy saving mode – “ilmubahasainggris.com”

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...