Asking and Giving Information: Pengertian dan Contoh Percakapan Dalam Bahasa Inggris

Asking and Giving Information : Pengertian Dan Contoh Percakapan Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Asking and Giving Information : Pengertian Dan Contoh Percakapan Dalam Bahasa Inggris

Dalam kehidupan sehari-hari kususnya dalam berkomunikasi ada question (pertanyaan) dan answer (jawaban)  antara speaker (pembicara) dan listener ( pedengar). Dalam sebuah percakapan antara speaker dan listener pasti terdapat pertanyaan dan jawaban seperti contoh sederhana yaitu saat kita mengucapkan “how are you?”

maka lawan bicara kita akan menjawabnya ” I am fine” atau “I am not really fine” atau jawaban lainnya. Dalam berkomunikasi hal yang terpenting aadalah maksud dan tujuan kita tersampaikan seperti mengungkapkan sesuatu (memberikan informasi/giving Information) atau menannyakan sesuatu (menanyakan sesuatu/ asking information). Pada kesempatan kali ini IBI kan membahas tentang Asking dan Giving Information, mari kita simak bersama.


Asking and Giving Information: Pengertian dan Contoh Percakapan Dalam Bahasa Inggris
Asking and Giving Information: Pengertian dan Contoh Percakapan Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Asking and Giving Information

Asking and Giving Information adalah kegiatan menanyakan atau memberikan informasi kepada lawan bicara ( meminta dan memberi izin adalah ekspresi yang penting dalam bahasa Inggris. Menguasai beberapa ekspresi mengenai area percakapan tersebut tentu saja menjadi hal wajib). Asking Information dapat yang sederhana seperti meminta waktu, atau rumit seperti meminta rincian tentang proses yang rumit.

Dalam kedua kasus, hal ini penting untuk menggunakan bentuk sesuai dengan situasi. Sebagai contoh, saat meminta informasi dari seorang teman, menggunakan bentuk yang lebih informal. Ketika meminta seorang rekan, menggunakan bentuk yang lebih formal. Akhirnya, ketika meminta informasi dari orang asing, menggunakan konstruksi tepat formal.


Contoh  Percakapan Asking dan Giving Information

Simple Situation ( Situasi biasa)

Customer           : Excuse me, can you tell me where I can find menswear? (Permisi, Dapatkah Anda memberitahu saya di mana saya dapat menemukan pakaian pria?)
Shop Assistant : Sure. Menswear is on the second floor. (Tentu,Pakaian pria adalah di lantai dua)
Customer          : Oh, also, could you tell me where sheets are. (Oh, dan juga, bisa Anda memberitahu di mana yang satuan).

Shop Assistant: No problem, sheets are on the third floor at the back. ( Tidak masalah, yang satuan ada di lantai tiga di bagian belakang)
Customer          : Thanks for your help. (Terimakasih atas bantuan anda)
Shop Assistant: My pleasure. (Ya tentu)

Brother  : When does the movie start? ( Kaopan Film akan dimulai?)
Sister     : I think it’s at 9. ( ku pikir pada jam 9)
Brother  : Check, will you? ( maukah kanu memeriksanya?)
Sister     : You’re so lazy. Just a second. ( kamu sangat pemalas)
Brother : Thanks sis. ( terimakasih kak)
Sister     : Yes, it starts at 9.  ( iya filmnya mulai jam 9)

More Complex / Formal Situation ( Situasi Resmi)

Man: Excuse me, would you mind answering some questions? ( Permisi, maukah Anda menjawab beberapa pertanyaan?)
Business Colleague: I’d be happy to help. ( Aku akan senang bisa membantu)
Man: I wonder if you could tell me when the project is going to begin. (Aku bertanya-tanya jika Anda bisa katakan padaku ketika proyek ini akan dimulai).

Business Colleague: I believe we’re beginning the project next month. (saya yakin kami mulai proyek bulan depan.)
Man: and who will be responsible for the project. (dan yang akan bertanggung jawab untuk proyek.)
Business Colleague: I think Bob Smith is in charge of the project. (saya pikir Bob Smith adalah bertanggung jawab atas proyek)

Man: OK, finally, would you mind telling me how much the estimated cost will be? (OK, akhirnya, maukah Anda memberitahu saya berapa perkiraan biaya akan?)

Business Colleague: I’m afraid I can’t answer that. Perhaps you should speak with my director. (Aku takut aku tidak bisa menjawab. Mungkin Anda harus berbicara dengan saya Direktur)

Man: Thank you. I thought you might say that. I’ll speak to Mr. Anders. (Terima kasih. Saya pikir Anda mungkin mengatakan bahwa. Aku akan berbicara untuk Mr Anders).

Business Colleague: Yes, that would be best for that type of information. Man: Thank you for helping out. (Ya, itu akan menjadi terbaik untuk jenis informasi. Laki-laki: Terima kasih untuk membantu keluar).
Business Colleague: My pleasure ( ya, tentu)


 Itulah tadi penjelasan dan contoh dari Asking dan Giving Information. semoga apa yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi belajar.
-Terima kasih, dan semangat belajar-

loading...