Narrative text

Pengertian, Materi dan Contoh Teks Naratif Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Posted on

Pengertian, Materi dan Contoh Teks Naratif Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Narrative text

A. Pengertian teks naratif

Teks naratif ( Narrative Text ) adalah cerita dengan masalah atau komplikasi peristiwa dan mencoba menemukan solusi untuk memecahkan masalah. Yang merupakan bagian penting dari teks naratif adalah bentuk atau mode naratif dan metode yang digunakan untuk berkomunikasi narasi melalui narasi proses.

 

B. Tujuan dari teks naratif

Tujuan teks Naratif adalah untuk menghibur pembaca dengan cerita.

 

C. Generic Struktur teks naratif

1) Orientation (Orientasi)

Setting adegan, di mana dan kapan cerita terjadi dan memperkenalkan peran dari cerita serta siapa dan apa yang terlibat dalam cerita.

2) Complication (Komplikasi)

Menceritakan awal masalah yang mengarah ke krisis (klimaks) dari peran utama.

3) Resolution (Resolusi)

Masalah (klimaks) yang diselesaikan, baik dengan akhir (ending) yang bahagia atau sedih.

4) Re-Orientation (Re-Orientasi)

Merupakan pernyataan untuk penutupan cerita (closing) dan ini termasuk optional (pilihan yaitu bisa dicantumkan dan juga bisa tidak dicantumkan).

Hal ini terdiri dari pelajaran moral, saran atau pengajaran dari penulis.


D. Contoh teks naratif

“Teks naratif dalam bahasa inggris”

 

Snow White 

Orientation

Once upon a time there lived a little girl named snow white. She lived with her aunt and uncle because her parents were died.

Complication 1

One day she heard her Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go America and they didn’t have enough money to sake Snow White.

Snow White did not want her Uncle and Aunt to do this, so she decided it would be best if she ran away. The next morning she ran away from home when her Aunt and Uncle were having breakfast. She ran away into the woods.

Resolution 1

Then she saw this little cottage she knocked but no one answered, so she went inside and fell asleep.

Meanwhile, the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow White sleeping. Then Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said, “what is your name?” Snow White said, “My name is Snow White.” one of the dwarfs, said, “If you wish, you may live here with us. “Snow White said, “Oh could I? Thank you. “Then Snow White told the dwarfs the whole story and finally Snow White and the 7 dwarfs lived happily ever after.


“Teks naratif dalam bahasa indonesia

 

Snow White

Orientasi

Suatu waktu hiduplah seorang gadis kecil bernama Putri Salju. Dia tinggal bersama bibi dan pamannya karena orang tuanya meninggal.

Komplikasi 1

Suatu hari ia mendengar Paman dan Bibi berbicara tentang meninggalkan Putri Salju di istana karena mereka berdua ingin pergi Amerika dan mereka tidak punya cukup uang untuk kepentingan Putri Salju.

Putri Salju tidak ingin Paman dan Bibi melakukan hal ini, jadi dia memutuskan akan lebih baik jika dia lari. Keesokan paginya dia lari dari rumah ketika Bibi dan paman sedang sarapan. Dia lari ke hutan.

Resolusi 1

Lalu ia melihat pondok kecil dan ia mengetuk tapi tidak ada yang menjawab, jadi dia masuk ke dalam dan tertidur.

Sementara itu, tujuh kurcaci datang. Mereka masuk ke dalam. Di sana mereka menemukan Putri Salju tidur. Kemudian Putri Salju terbangun. Dia melihat orang-orang kerdil. Salah satu dari mereka berkata, “siapa namamu?” Putri Salju mengatakan, “Nama saya Putri Salju.” salah satu kurcaci mengatakan, “Jika kamu ingin dapat tinggal di sini bersama kami. “Kata Snow White,” Dapatkah aku tinggal bersama kalian? Terima kasih. “Kemudian Putri Salju menceritakan seluruh cerita kepada kurcaci dan akhirnya Snow White dan 7 kurcaci hidup bahagia selamanya.


Demikian bahasan kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) semua. 🙂

Simak Juga Materi IBI Lainnya :

loading...