either-neither

Penjelasan Dan Perbedaan Either-Neither Serta Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penjelasan Dan Perbedaan Either-Neither Serta Contoh-Contohnya Dalam Bahasa Inggris

either-neither

 

Hal ini penting untuk memahami makna dan perbedaan antara either dan neither sehingga kita tidak menjadi bingung antara definisi dan makna dari keduanya. Kedua kata tersebut, yaitu either dan neither dapat digunakan sebagai kata ganti atau pronoun, kata hubung atau conjunction dan kata sifat atau adjective. Namun, penggunaan either  selalu digunakan dalam bentuk kalimat atau ungkapan yang positif, sedangkan neither selalu digunakan dalam bentuk kalimat atau ungkapan yang negatif.


Berikut ini adalah pembagian fungsi-fungsi dari kata-kata either dan neither

  1. Sebagai kata sifat atau adjective

Either menunjukkan satu atau yang lain, atau keduanya. Sebagai contoh:

You may use either hand for the purpose (kamu dapat menggunakan satu atau dua tangan untuk tujuan tersebut) maksud dari contoh kalimat ini adalah You may use your right or left hand for the purpose yang berarti kamu dapat menggunakan tangan kanan atau kiri ataupun kedua tangan kamu untuk mencapai  tujuan tersebut.

Contoh lain seperti ungkapan There were tall houses on either side of the river yang artinya adalah ada rumah yang tinggi di sisi sungai. Maksud dari contoh kalimat tersebut adalah There were tall houses on both sides of the river yaitu Ada rumah yang tinggi di kedua sisi sungai.

Sedangkan kata Neither yang berfungsi sebagai kata sifat atau adjective menunjukkan tidak satu pun atau yang lain atau tidak ada kedua-duanya. Sebagai contoh:

Neither twin was invited to the wedding artinya adalah si kembar tidak diundang pada pesta pernikahan.maksud dari ungkapan tersebut adalah None of the twins was invited to the wedding yang berarti  Tak satu pun dari si kembar diundang ke pesta pernikahan.

 

  1. Sebagai kata ganti atau pronoun

Either menunjukkan satu atau yang lain. Sebagai contoh:

Both buses are headed in that direction, you can get on either yang berarti  Kedua bus menuju ke arah itu, kamu bisa mendapatkan di kedua nya. Maksud dari contoh ini adalah Both buses are headed in that direction, you can get on one or the other yang berarti Kedua bus menuju ke arah itu, kamu bisa mendapatkan pada satu atau yang lain arah.

Sedangkan neither yang berfungsi sebagai kata ganti atau pronoun menunjukkan tidak satu pun atau yang lain atau tidak ada kedua-duanya. Sebagai contoh:

Both pups were pure-breed, but neither displayed the characteristic traits of its breed artinya Kedua anak anjing berkembang biak secara alami, tetapi tidak ditampilkan karakteristik dariperkembang biakan nya. Maksud dari ungkapantersebut adalah Both pups were pure-breed, but not one or the other displayed the characteristic traits of its yaitu Kedua anak anjing yang berkembang biak secara murni, tapi tidak satu pun atau tidak kedua-dua nya menunjukkan karakteristik dari perkembang biakan nya.

 

  1. Sebagai kata hubung atau conjunction

Either digunakan dengan atau untuk menyiratkan pilihan alternatif. Sebagai contoh:

You can either play on the computer or watch TV yang berarti kamu dapat melakukan salah satu dari dua hal yaitu bermain komputer atau menonton TV.

Sementara itu neither yang berfungsi sebagai kata hubung atau conjunction digunakan dengan atau untuk meniadakan kedua bagian dari pernyataan. Sebagai contoh:

I can neither play on the computer nor watch TV yang berarti saya tidak bisa bermain komputer atau pun menonton TV.

 


Demikian pembahasan kali  ini mengenai penjelasan dan perbedaan either-neither serta contoh-contohnya dalam bahasa inggris. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat ibi (ilmubahasainggris.com)


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


loading...